senja di atas masjid banten

senja di atas masjid banten

Jumat, 20 Maret 2009

Kangen Ngeblog : "Ojeg" Profesi Mendunia

Lihat Ojeg, nunggu bis, Bete!, tangan pegang BB. Ups kenapa harus bete.
Gara-gara BB, ada yang terlintas dan bikin kerinduan muncul. Ya, udah lama ngga ngeblog. Tepatnya sejak perenungan pada kapal yang sedang tertimpa badai.

Ya, BB, mengingatkan untuk ngeblog, dan memposting banyak hal yang terserak dan tersisa dari perjalanan hidup.

Melihat tukang ojeg, aku jadi teringat bahwa ojeg ternyata tidak hanya di negeri ini, tapi di negeri tetangga khususnya di kota Bangkok, ojeg juga ada, namun mereka rapi dan punya antrian yang teratur.

Mereka pakai seragam warna orange, konon warna ini akan terlihat di kala malam dan meminimasi terjadinya kecelakaaan malam. Ongkosnya mulai dari 10 Bath sampai Ribuan Bath tergantung jarak, cuman bila terlalu jauh mereka kadang berpikir takut dijahilin alias jadi korban kejahatan. Maklum seperti di negeri ini, Thailand tingkat curanmor sangat tinggi, apalagi mereka berbatasan dengan daerah seperti Loas dan Kamboja serta Burma yang sangat sulit terlacak bila masuk hutan.

Ojeg disana baru muncul tahun 1999 saat mulai krisis moneter I menyerang kawasan Asia, dan menjadi pilihan selain Tuk-Tuk sejenis bajaj. Dan merebak hingga sekarang. Ah ojeg ternyata jadi suatu profesi yang sudah mendunia. Luar Biasa!

property right by pontjo
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: