senja di atas masjid banten

senja di atas masjid banten

Selasa, 19 Februari 2008

Taman Pintar, Edukasi minim Ekspresi


Jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa mampir ke Taman Pintar. Lokasinya dekat dengan Malioboro. Lokasi yang strategis ini menjadikan siapapun yang mampir ke Jogja untuk tidak melewatkan walau hanya sesaat.

Ada dua wahana Taman Pintar ini. Wahana Outdoor dan wahana Indoor. Sepintas wahana Outdoor seperti taman bermain, namun ditiap anjungan ada beberapa peraga yang merupakan apresiasi dari gejala atau aparadigma ilmu pengetahuan khsusunya dibidang fisika dan matematika.

Namun sayang, wahana edukasi yang hendak membuat pintar ini minim ekspresi. Mengapa? karena wahana ini nyaris 'hanya' diposisikan sebagai wahana bermain 'tanpa' belajar. Banyak yang sebenarnya bisa digunakan untuk membuat wahana outdoor tersebut lebih berjiwa dan punya warna dalam ekspressi. Banyak metoda yang bisa digunakan selain papan 'pengumuman', mediasi visual tanpa didukung audio dan pemaknaannya, menjadikan siapapun yang hadir,seperti dipaksa dan terpaksa. Peran duty area yang lebih bersahabat dan menyapa yang berada disekitar arena bisa dan sangat mungkin untuk di libatkan secara aktif daripada diam menunggu yang bertanya. Dan kalopun keterbatasan orang, tenaga dan kemampuan, maka audio otomatis saat perangkat digunakan dan dimainkan atau audio visual bisa menjadi pilihan yang menarik. Atau bahkan di pintu masuk dapat dibuatkan katalog yang dibagi gratis untuk merangsang pengunjung bermain sambil belajar.

BTW, tanpa mengecilkan arti dari para penggagas dan mereka yang terlibat hingga menjadi seperti ini. Jujur saya berkata, Terima kasih dan Puji Syukur kehadiratNya. Mereka inilah pahlawan dan patriot bangsa yang mau membagikan ilmu pengetahuan dan menularkan kepada siapapun dengan media kreatif. Mereka tak banyak omong tapi memberikan bukti.

Sekali lagi, terima kasih.

Tidak ada komentar: